Monday, 14 September 2015

Perubahan adalah Peluang

Seperti apakah masa depan media komunikasi?

Pernahkah hal itu terpikirkan oleh Anda? Pernahkah Anda mencoba berangan-angan tentang itu? Apabila Anda baru mendengar pertanyaan itu, apa yang terpikirkan dalam benak Anda saat ini? Mungkinkah kita dapat melakukan komunikasi tanpa menggunakan satelit? Ataukah kita bisa memiliki perangkat mobile super canggih yang memiliki memori penyimpanan data yang hampir tanpa batas? Kecepatannya seratus kali teknologi 3G sekarang ini? Perangkat yang serba 3D? Semua itu bisa saja terjadi. Perkembangan teknologi komunikasi yang pesat seperti sekarang ini diperkirakan akan terus berlanjut, banyak sekali prediksi dan bagaimana  teknologi yang akan terjadi di masa yang akan datang.
 

Widyatmoko Kukuh Sanyoto, seorang wartawan senior yang juga merupakan ahli penerjemah bahasa Spanyol mengajak para mahasiswa/i dalam pertemuan ketiga mata kuliah Kapita Selekta kelas D untuk memikirkan hal itu. Beliau sudah berkecimpung dalam dunia jurnalistik selama 37 tahun sejak tahun 1978, dan pernah menjadi wartawan di media cetak, radio, dan juga televisi, antara lain : The Jakarta Post, RRI, RCTI, CNN Spanyol,  Radio Nederland, BBC, dan lain-lain. Tokoh ini juga pernah terlibat dalam organisasi, salah satunya adalah beliau merupakan pendiri Masyarakat Pers dan Penyiaran Indonesia (MPPI) yang dulu aktif  membuat UU Penyiaran, UU Pers, dan UU Kemerdekaan Informasi Publik (KIP). Selain itu, beliau juga menulis buku-buku dalam bahasa Spanyol.


Setelah 10 menit awal perkenalan diri, beliau masuk ke dalam topik pembahasan mengenai “Media Communication Today and Tomorrow”. Kita sebagai manusia tidak bisa tahu apa yang akan terjadi hari esok. Masa depan merupakan masa yang tidak pernah kita ketahui dan sulit bagi kita untuk membayangkan apa yang akan terjadi nantinya. Nobody knows. Manusia hanya bisa membuat berbagai asumsi, tapi tidak ada yang bisa memastikan apa yang akan terjadi di masa depan. Walaupun tidak bisa melihat masa depan, manusia selalu membuat rencana mengenai apa yang akan dilakukannya di waktu berikutnya. Simak ilustrasi cerita berikut ini!

Ada sebuah pesawat terbang dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur membawa 260 orang penumpang. Setiap orang dalam pesawat itu tentu mempunyai rencana apa yang akan dilakukan ketika sudah bertemu sanak saudara atau teman-teman mereka. Begitu dengan mereka yang menunggu kedatangan pesawat di bandara Kuala Lumpur. Tapi saat pesawat terbang di atas Ukraina, ada orang di darat yang juga mempunyai rencana ingin menembak pesawat tersebut. Lalu diambillah keputusan untuk menembakkan rudal itu sehingga pesawat meledak dan seluruh penumpang tewas. Itu artinya, habislah semua rencana orang-orang itu. Ratusan rencana itu bisa lenyap hanya karena satu orang, dan membuat perubahan yang luar biasa. Makna yang ingin disampaikan melalui cerita tragis ini adalah “Masa depan bisa berubah hanya karena ulah satu orang, dan orang itu bisa siapa saja. Siapapun tidak peduli warna kulit, bangsa, ras, pendidikan, agama, kepercayaan, ideologi, maupun masa lalu seseorang. Siapapun bisa membuat perubahan yang berdampak kepada dunia termasuk Anda!

Media komunikasi sekarang sudah memasuki generasi keempat (4G) dan akan terus mengalami perkembangan pesat. Dimulai dari jaman telepon kabel pada tahun 1970-an hingga komputer baru masuk ke Indonesia pada tahun 1985, kemudian muncul telepon mobil, pager, telepon seluler Motorola flip yang berukuran sebesar batu bata, sampai adanya telepon jam tangan merek Mito buatan China. Hal itu terjadi dalam beberapa kurun waktu hingga tahun 1990-an. Semua itu merupakan bentuk evolusi teknologi informasi yang semakin canggih. Evolusi atau perubahan itu harus kita hadapi, karena perubahan meningkatkan peluang. Untuk mendapatkan peluang, manusia harus mau berubah. Perubahan adalah suatu keniscayaan yang pasti terjadi. Tidak ada segala sesuatu yg tetap. Nothing is constant but changes. Tapi banyak orang yang berada dalam zona nyaman (comfort zone) cenderung menolak perubahan.

Perubahan memberi peluang! Tapi kita juga harus mampu melihat dan memanfaatkan peluang tersebut. Bagaimanakah caranya? Let’s be creative! Kita harus melihat sesuatu yang out of the box, dengan kata lain melihat hal yang tidak wajar sebagai peluang. Gila is good!

Jadi, komunikasi adalah evolusi manusia, tanpa komunikasi maka manusia tidak akan ada di dunia ini. Setiap manusia membutuhkan komunikasi untuk berinteraksi dengan orang lain. Karena itu, evolusi teknologi IT akan menunjukkan evolusi manusia itu sendiri. Contoh perubahan IT yang menyebabkan perubahan pada manusia adalah sebagai berikut: Pada jaman dulu, manusia diajarkan bahwa kita tumbuh dalam satu dunia antara wilayah publik dan private dan kita diajarkan untuk memisahkan mana hal yang publik dan mana yang private. Tetapi, seiring berjalannya waktu, kecanggihan teknologi membuat perbedaan publik dan private semakin tidak jelas. Kasus nyata adalah dengan media sosial. Semua pengguna Twitter, Facebook, Path dapat dengan bebas menuliskan hal-hal yang bersifat private hingga diketahui oleh publik, misalnya mengumbar perasaan sedih dan galau ke status media sosial. Padahal hal itu bukanlah konsumsi publik. Maka, kemungkinan dampaknya adalah garis yang memisahkan wilayah publik dan private akan hilang di masa depan.

Selain itu, kemajuan teknologi komunikasi memudahkan akses komunikasi dan tidak membutuhkan biaya yang besar, bahkan bisa dikatakan zero cost sehingga semua orang bisa berkomunikasi dengan sangat mudah tanpa peduli jarak antar benua. Contohnya : Kita bisa melakukan video call melalui Skype dengan teman yang berada di luar negeri dengan mudah. Ini merupakan salah satu fenomena akan terjadinya dekonstruksi komunikasi. Perkembangan teknologi dapat mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat. Kebanyakan orang yang aktif menggunakan alat komunikasi akan cenderung masuk ke dalam dunianya sendiri, walaupun dirinya tengah berada di area publik.

Berikut adalah perbedaan media komunikasi jaman dulu dengan masa depan :

COMMUNICATIONS MEDIA
SOCIAL MEDIA
Space defined by Media Owner
Space defined by Consumer
Brand in control
Consumer in control
One way / Delivering a message
Two way / Being a part of a conversation
Repeating the message
Adapting the message/ beta
Focused on the brand
Focused on the consumer / Adding value
Entertaining
Influencing, involving
Company created content
User created content / Co-creation

Perbedaan utamanya :
  • Media masa lalu : Yang menentukan medianya, isinya, brandingnya, agendanya adalah pemilik media dan redaksi. Kumpulan beberapa wartawan menentukan otoritas untuk menentukan berita apa yang layak dan tidak layak disampaikan kepada publik. Apakah yang patut atau tidak.
  • Media yang akan datang (media sosial) : Yang menentukan semua itu adalah penggunanya sendiri (user).
Kesimpulan dari keseluruhan pembahasan diatas adalah:

1.            Kita sudah tahu bagaimana dunia komunikasi kita selama ini sampai sekarang, tetapi kemajuan teknologi akan membuat perubahan yang luar biasa. Perubahannya adalah :
a.    Akses komunikasi semakin murah, hampir zero cost.
b.    Akses komunikasi semakin terbuka menjangkau hampir global. Orang di ujung dunia pun bisa berkomunikasi dengan mudah.
c.    Teknologi IT bisa mengubah hal yang real dalam hidup nyata menjadi virtual di dunia maya.
2.            Semua teknologi itu akan mengubah bagaimana kita hidup dalam masyarakat, bisa positif maupun negatif.
3.            Peluang hanya muncul apabila terjadi perubahan.
4.            Tidak semua orang mempunyai kecakapan dan smart untuk melihat peluang itu, tapi ada diantara kita yang punya itu! Karena masa depan ditentukan oleh siapapun. Anda bisa mengubah masa depan dunia, siapapun Anda!

Sebelum mengakhiri pertemuan pada hari itu, Bapak Kukuh Sanyoto memberikan quotes ini, “To change Map is easier than to map Change” yaitu “mengubah peta lebih mudah daripada memetakan perubahan”, artinya bagaimana Anda akan membuat perubahan? Design perubahan seperti apakah yang akan Anda bangun? Ke arah mana kita akan membuat perubahan itu?

0 comments:

Post a Comment

 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com